Saat ini industri kopi semakin berkembang, tidak terkecuali kopi yang dihasilkan oleh Indonesia. Terbukti dari seorang Mikael Jasin yang mewakili Indonesia, berhasil meraih juara ke-4 pada ajang World Barista Championship 2019 yang diadakan di Boston, Amerika Serikat. Prestasi tersebut membawa dirinya untuk memajukan perindustrian kopi di Indonesia, salah satunya dengan melakukan launching WBC Boston Coffee Pack yang ia bawa saat kompetisi kala itu.

mikael jasin
Mikael Jasin lakukan Launching WBC Boston Coffee Pack yang berlangsung di Two Coffee Beans. (Side.id/Andhika)

Pada Rabu (11/12/2019), Mikael Jasin bersama Beangasm dan Commongrounds berkeliling Jakarta untuk membuka boxset kopinya, serta memperkenalkan ketiga biji kopi tersebut. Dimulai dari pukul 08.00 WIB di Copper Club Speciality Coffee yang berada di Kelapa Gading, Jakarta. Lalu, dilanjutkan ke Angan Coffee di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan yang terakhir di Two Coffee Beans yang berada di Gading Serpong, Tangerang.

“Seharian ini saya bersama Beangasm berkeliling Jakarta, tujuannya dalam rangka launching WBC Boston Coffee Pack yang saya pakai waktu kejuaraan dunia, ada tiga jenis kopi di dalam kotak tersebut yaitu Finca Deborah Geisha, Ethiopia Jasper, dan Wahana Estate,” ucap pria yang sering disapa Miki tersebut kepada Side.id saat berada di Two Coffee Beans, Tangerang.

antusias pengunjung
Antusias pengunjung Two Coffee Beans ketika menikmati tiga biji kopi yang disajikan oleh Miakel Jasin. (Side.id/Andhika)

Bukan tanpa alasan, Miki memilih tiga kopi tersebut. Saat mengikuti kompetisi WBC 2019, dirinya ingin mengangkat topik mengenai proses penyajian kopi dan tujuan akhirnya adalah untuk highlight, bahwa kopi Indonesia tidak kalah dengan kopi dari luar negeri. Ketiga kopi tersebut yaitu Fincah Deborah, Ethiopia Jesper, dan Wahana Estate yang telah melalui proses pascapanen Carbonic Maceration, di mana ini merupakan proses pascapanen dengan memanfaatkan karbondioksida dalam fermentasi biji kopi.

Acara dimulai pukul 18.00 WIB, para pengunjung mulai berdatangan untuk merasakan kenikmatan dari kopi-kopi tersebut. Pada acara ini, para pengunjung boleh meminta proses berbeda seperti dijadikan espresso atau milk base pada ketiga biji kopi tersebut.

Pada acara tersebut, Side.id juga berkesempatan untuk mencicipi kopi yang sudah membawa nama Mikael Jasin menjadi juara ke-4 pada WBC 2019. Kopi Finca Deborah Geisha dibuat menjadi espresso memiliki ciri khas floral dan strong, lalu untuk Ethiopia Jesper disajikan dengan cara V16 sehingga menimbulkan rasa fruit yang khas. Terakhir biji kopi dari Indonesia yang menjadi kreasi Mikael yaitu Wahana Estate yang dibuat menjadi milk base, memiliki rasa rempah-rempah yang khas dengan sedikit pemanis susu murni.

3 varian biji kopi
Tiga varian di dalam Box Set tersebut, Finca Deborah Geisha, Ethiopia Jesper, dan Wahana Estate. (Side.id/Andhika)

Coffee Pack yang dirilis oleh Mikael Jasin tidak dijual di toko atau coffee shop, dikarenakan persediaan yang terbatas. Jadi, bagi kamu yang ingin memesan WBC Boston Coffee Pack, hanya bisa melalui website https://beangasm.id/.

Sumber