Ngopi memang sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh banyak orang. Tak heran jika ada beberapa orang rela membeli alat untuk meracik kopi sendiri di rumah.

Namun, maksud hati ingin membuat kopi dengan cita rasa sama seperti di coffee shop, Anda malah mendapatkan rasa kopi yang berbeda dan tidak cocok di lidah. Padahal proses sudah benar, jenis kopinya pun sudah sama dengan kopi di coffee shop langganan Anda.

Nah, jika Anda menemui masalah seperti itu, coba cek air yang Anda gunakan. Alasannya, jenis air untuk meracik kopi ternyata sangat mempengaruhi rasa kopi itu sendiri.

"Soalnya 98 persen dari kopi itu kan adalah air jadi kita harus cermat dalam memilih air untuk menyeduh kopi,' ucap Sylvia Feransia, barista coffee shop Spotten, Alam Sutra saat acara Pesta Kopi Mandiri di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Sabtu (29/4).

Sylvia Feransia (Merahputih.com / Muchammad Yani)

Sylvi, sapaan akrab dari Sylvia Feransia mengatakan setiap air memiliki kandungan kimia seperti karbonat, kalsium, magnesium hingga mineral, demikian juga dengan biji kopi. Sehingga ketika air bercampur dengan kopi maka akan terjadi proses kimia yang membuat rasa berubah.

"Ini berkaitan dengan proses kimiawi. Setahu saya, kalau air yang cocok itu harus ada kandungan karbonat, kalsium, magnesiumnya dan itu harus sesuai," katanya kepada merahputih.com.

Wanita yang juga menjadi anggota NGopi Enak sErpong menggeLINjang (Ngesselin) ini melanjutkan, setiap jenis kopi juga mempengaruhi jenis air yang dipakai. Terkadang ada jenis air yang cocok untuk kopi A namun tidak cocok untuk kopi B.

"Kadang kita pakai Aqua untuk nyeduk kopi ini, oh enak, tapi buat nyeduh kopi lain mungkin enggak enak. Jadi harus sesuaikan kimia yang ada di kopi itu sama airnya," ujar Sylvi.

Sylvia Feransia (Merahputih.com / Muchammad Yani)

Hal itulah yang membuat setiap coffee shop sangat memperhatikan jenis air yang dipakai. Biasanya coffee shop akan memakai air tanah yang sudah memalui filter. Dengan begitu coffee shop bisa mengatur kandungan yang ada di dalam air yang mereka gunakan.

"Kalau coffee shop itu pakai filter water. Biasanya mereka konsultasi sama orang filter airnya. Mereka juga menyesuaikan cocok enggak buat bikin kopi, semua harus dikaitin lagi. Tapi setiap coffee shop jenis airnya berbeda karena kandungan PH setiap daerah pun berbeda," terangnya.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Buat Teh dengan Microwave, Lebih Sehat?